Konsumsi Daging Sapi di Indonesia

Penulis: Rio Dwisandy Studio
Produk oleh Favorite Meat Processing - Bali


Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang bervariasi. Di tambah dengan latar belakang yang multikultural (banyak budaya dan suku) menyebabkan bangsa kita memiliki berbagai kreasi dalam mengolah dan menggunakan sumber daya alam yang ada. Salah satunya adalah dalam mengolah daging sapi. Setiap daerah memiliki cara masing-masing dalam mengolahnya menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Ditambah lagi daging sapi juga bermanfaat bagi kesehatan konsumennya. Daging Sapi mengandung omega 3 yang berperan untuk membantu sistem kerja jantung, hati, dan sistem pusat (otak). Protein adalah nutrisi yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak balita dan anak-anak. Selain itu, protein juga berperan sebagai pembentuk otot-otot baru di dalam tubuh. Kemudian kandungan zat besi yang cukup tinggi berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 Vitamin B kompleks yang berfungsi untuk membantu sistem kerja otak sehingga dapat menjaga dan membantu konsentrasi serta daya ingat. Seng / Zinc berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan proses pembentukan sperma . Lalu kandungan selenium yang berfungsi untuk membentuk antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak-anak.

Pembelian daging di supermarket. (Foto oleh wikihow.com)










Itu baru sebagian dari manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging sapi yang ternyata tidak hanya lezat tapi juga bergizi. Lalu bagaimana konsumsi masyarakat Indonesia akan daging sapi? Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengakui bahwa konsumsi daging sapi oleh masyarakat Indonesia saat ini masih sangat rendah. Dalam wawancara dengan Tempo, Enggar mengatakan bahwa hingga tahun 2017 konsumsi daging per kapita (orang) hanya 2,9 kilogram setiap tahunnya.

Kabar baiknya tingkat konsumsi tahun 2017 ini hanya meningkat tipis, 0,6 persen, dibandingkan dengan tahun 2016. Namun jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, Indonesia masih sangat jauh tertinggal. Konsumsi daging per kapita di Singapura mencapai 55 kg setiap tahunnya, sementara Filipina mencapai 7 kg per tahun, dan Argentina jauh lebih tinggi dengan 55 kg per kapita per tahun.

Enggar meyakini jika Konsumsi daging sapi akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan pendapat per kapita masyarakat Indonesia. "Contohnya saja konsumsi susu yang ikut menurun, ketika pendapatan rata-rata masyarakat menurun," kata Enggar.


Tanpa kita dorong pun, konsumsi daging sapi juga akan meningkat jika indeks gini atau indeks ketimpangan membaik dan inflasi bisa dijaga oleh pemerintah. "Jadi tergantung aspek makro ekonomi juga, tak hanya daging sapi, telur dan daging ayam juga kita dorong untuk terjadi peningkatan konsumsi," kata Enggar.

Enggar mengklaim jika pemerintah bisa saja mendorong masyarakat untuk semakin mengkonsumsi daging sapi, agar mendapatkan protein yang lebih. "Cuma masalahnya kan masyarakat mau, tapi mereka tidak mampu, jadi begitu keadaannya," ucap Enggar.

Daging di etalase sebuah supermarket. (Foto oleh foodpower.info)










Disini kita bisa menilai bahwa konsumsi daging sapi di Indonesia dipengaruhi tidak hanya dari jumlah sumber daya nya(sapi potong) saja, melainkan juga dari tingkat perekonomian dan juga kesejahteraan masyarakat. Karena itu untuk meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat akan daging sapi, tidak cukup hanya meningkatkan kesadaran mengenai manfaat daging sapi, tetapi juga penting untuk meningkatkan dan menjaga perekonomian masyarakat. Jadi perlu kerjasama dari berbagai bidang, seperti bidang peternakan, kesehatan, dan juga ekonomi untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

Demikian informasi dari kami seputar konsumsi daging di Indonesia, semoga bermanfaat bagi anda. 


                                                                                                                                       



Favorite Meat Processing
Premium Class
100% Halal & HACCP Certified

"When meat gives you inspiration"

Address
Jl. Mertasari 88-89 Sidakarya, Denpasar - Bali, Indonesia
Tlp. 0361 725 378 / 723 666. Fax. 0361 725 372

Sosial Media
Website: www.favorite.co.id

Komentar

Postingan Populer