Mengapa Kita Harus Makan Ikan?

Penulis: Rio Dwisandy Studio
Produk oleh Favorite Meat Processing - Bali


IKAN terdiri dari ikan air tawar dan ikan laut. Keduanya adalah makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Ikan mengandung 18 % protein terdiri dariasam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Kandungan lemaknya 1-20 % lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Kandungan lemaknya sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah.


Mengkonsumsi ikan sangat bermanfaat. (Foto oleh cidilines.com)










Hasil penelitian menunjukkan, ikan mengandung protein yang berkualitas tinggi. Protein dalam ikan tersusun dari asam-asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Selain itu protein ikan amat mudah dicerna dan diabsorpsi. Asam-asam amino yang dikandungnya cukup banyak dan bervariasi sesuai yang dibutuhkan tubuh. Para ahli menemukan, komposisi asam-asam amino dalam bahan makanan hewani sesuai dengan komposisi jaringan di dalam tubuh manusia. Oleh karena ada kesamaan ini maka protein dari ikan mempunyai nilai gizi yang tinggi. 

Makan ikan juga sangat baik untuk program diet. Daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek daripada serat-serat protein daging sapi atau ayam. Oleh karena itu ikan dan hasil produknya banyak dimanfaatkan olehorang-orang yang mengalami kesulitan pencernaan sebab mudah dicerna.Vitamin yang ada dalam ikan juga bermacam-macam, yaitu vitamin A, D, Thiamin, Riboflavin,dan Niacin.

Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium, phosphor, akan lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Ada dua kelompok vitamin dalam ikan yaitu larut dalam air dan larut minyak. Yang larut dalam minyak yaitu vitamin A dan D, yaitu dalam minyak ikan.

Nah, inilah beberapa cara sehat untuk memasukkan ikan dalam program diet kamu diantaranya dapat dengan cara dipanggang, rebus atau kukus. Ikan sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan yang dianggap sebagai makanan dengan manfaat kesehatan yang kompleks. 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi ikan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan membantu merawat kesehatan jantung. (Foto oleh i.huffpost.com)



Omega atau asam lemak yang ditemukan dalam ikan telah terbukti banyak manfaat untuk arteri, jantung dan vena yang membentuk sistem kardiovaskuler kamu. Mengosumsi ikan bisa mmembantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida atau mengurangi tingkat trigliserida yang berlebihan. Meningkatkan HDL (kolestrol baik) dan mencegah pembekuan dalam darah.
Dalam studi para ahli dari Harvard School of Public Health menyimpulkan, makan dua porsi ikan dalam satu minggu, dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung tiga kali lipat.

Menurunkan Tekanan Darah

Omega-3 pada ikan berperan dalam menurunkan tekanan darah. (Foto oleh apopka-1x1yusplq.stackpathdns.com)












Minyak ikan atau omega-3 yang terdapat dalam ikan telah terbukti sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dalam diri kamu. Namun, peran minyak ikan untuk menurunkan tekananan darah belum terbukti jelas.
Asupan banyak minyak ikan dalam tubuh tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan, akan tetapi boleh mengkonsumsi minyak ikan hanya dalam takaran yang ditentukan. Maka dari itu kita harus memperbanyak mengkonsumsi ikan untuk mendapatkan manfaatnya.

Untuk Merawat Kulit


Merawat kulit lewat konsumsi ikan. (Foto oleh www.mamashealth.com)












Dengan makan ikan dapat membantu kamu untuk menjaga kulit dalam keadaan kondisi baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega-3 EPA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu mencegah penuaan dini dan menghambat pelepasan zat-zat yang akan mengikis kolagen kulit setelah terkena sinar matahari.

Lalu manfaat lainnya bagi kulit , antara lain:
  • Mengatur produksi minyak di kulit
  • Mengatur hidrasi pada kulit
  • Mencegah hiperkeratinisasi folikel-folikel rambut (benjolan merah kecil yang sering muncul di bagian atas lengan)
  • Mencegah penuaan dini pada kulit
  • Mencegah jerawat
Menyehatkan Mata Kamu


Penurunan fungsi mata bisa dicegah dengan konsumsi ikan. (Foto oleh www.candis.co.uk)












Konsumsi ikan sangat baik, karena memiliki kemampuan dalam memperbaiki penglihatan. Ikan bisa melawan degenerasi makula (bagian tengah retiana), glaukoma dan sindrom mata kering. Sebuah studi baru telah ditemukan, bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi ikan perminggu lebih kecil.
Dari semua itu kemungkinan mengalami degenerasi makula (penyebab utama kebutaan terkait usia) dibandingkan orang yang tidak makan ikan sama sekali. Para peneliti mengatakan, asam lemak omega-3 bisa mengurangi resiko inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Mencegah Resiko Kanker


Kanker payudara, salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dengan konsumsi ikan. (Foto oleh sojourngreatdays.com)












Ikan banyak sekali mengandung Omega 3 yang sudah terbukti membantu mencegah tiga jenis kanker yang paling umum yakni kanker payudara, kolon dan prostat. Suplemen minyak ikan juga bisa membantu para pasien yang menderita hiperlipdemia.

Bagus Untuk Program Diet

Selain olahraga, lengkapi juga diet dengan konsumsi ikan. (Foto oleh www.muscleseek.com)










Dalam studi penelitian yang dilakukan oleh Universitas Georgia, minyak ikan dengan DHA dapat membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak yang sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan.
Sebelum sebuah study dilakukan, kenyataannya banyak yang menanyakan  konsumsi kapsul minyak ikan dengan diselingi berolahraga sengat efektif menurunkan lebih banyak lemak, dibanding banyak olahraga namun tanpa asupan suplemen minyak ikan.

Meningkatkan Fungsi Otak


Ikan membantu peningkatan fungsi otak. (Foto oleh slowaging.org)












Omega-3 pada ikan bisa membantu perkembangan otak kamu. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meninglatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa.

Sebuah studi baru menunjukkan, suplemen minyak ikan bisa meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan manfaat asam lemak omega-3 pada ikan dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak.
Maka untuk mengurangi gangguan-gangguan sistem dalam kerja otak, Omega-3 ini sangat membantu kamu mencegah datangnya penyakit yang bisa merusak otak seperti ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) dan Alzheimer.

 Banyak anggota komunitas medis percaya bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu dalam mengurangi gejala ADHD dan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan mental seseorang.

Di Amerika dilakukan studi pada tahun 2012 pada anak-anak berumur 6-12 tahun pada pasien ADHD dengan terapi perilaku standar dan methylphenidate selama enam bulan lebih hasilnya tidak ada perkembangan dalam akademik belajar dan perilaku yang menggunakan pengobatan standar. Lalu, para peneliti memberikan omega-3 dan omega-6 secara acak. Hasilnya, anak-anak tersebut mengalami peningkatan signifikan dalam agresivitas, performa akademis, menyelesaikan pekerjaan dan mengurangi tingkat kegelisahan.
Minyak ikan diyakini mempunyai efek yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja fungsi otak, hal ini masuk akal karena 69% otak terdiri dari lemak.
 Hubungan minyak ikan dengan penyakit alzheimer sudah dipelajari dengan hasil yang konsisten. Fungsi kandungan asam lemak esensial yang terkandung dalam minyak ikan tidak hanya dapat mencegah penurunan daya fikir, tetapi dapat juga dapat membantu dalam mencegah atrofi otak pada usia lanjut. Penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal FASEB dari suplemen asam lemak omega-3 dan antioksidan selama 4-17 bulan memperlihatkan efek kesehatan yang dapat dijadikan senjata untuk mencegah terjadinya penurunan daya fikir dan penyakit Alzheimer.
Mengatasi Peradangan


Peradangan seperti radang sendi bisa dikurangi dengan konsumsi ikan. (Foto oleh i.huffpost.com)












Ikan, terutama lagi minyak ikan yang memiliki sifat anti-infalamasi. Oleh sebab itu, memakan ikan sangat efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. 
Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemui dalam minyak ikan yang memiliki efek positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), sistitis (radang kandung kemih) dan serangan asma berat yang disebabkan oleh inflamasi dan pembengkakan di saluran udara paru-paru.

Mengatasi Depresi Berat
Karena banyaknya asam lemak omega-3 dalam minyak ikan sangat baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan dalam diri kamu. Sebuah studi yang di lakukan oleh 52 wanita hamil dengan mengkonsumsi Asam lemak Omega-3 (300mg) selama kehamilan dapat mengurangi tingkat depresi pasca-melahirkan. Lalu penelititan yang telah dilakukan oleh European Journal of Neuroscience pada tahun 2013 memperlihatkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan dapat menghilangkan depresi dan kecemasan secara berangsur-angsur.


Kurangi kemungkinan depresi dengan konsumsi ikan. (Foto oleh cdn.playbuzz.com)












Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ikan juga mudah didapatkan karena negeri kita negeri kepulauan. Namun mengapa masih ada masyarakat yang menolak makan ikan? Oleh karena itu seorang ibu yang bijak sebaiknya mengenalkan ikan kepada anak-anaknya sejak dini, karena nilai gizinya yang tinggi untuk pertumbuhannya. Kerang-kerangan juga sama dengan ikan mengandung protein dan mikromineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Hidangkanlah menu ikan dalam menu sehari-hari. Supaya tidak bosan berilah variasi hidangan dari Nusantara yang sangat kaya akan aroma bumbu tradisional dan mempunyai unsur kesehatan juga.



                                                                                                                                       




Favorite Meat Processing
Premium Class
100% Halal & HACCP Certified

"When meat gives you inspiration"

Address
Jl. Mertasari 88-89 Sidakarya, Denpasar - Bali, Indonesia
Tlp. 0361 725 378 / 723 666. Fax. 0361 725 372

Sosial Media
Website: www.favorite.co.id

Komentar

  1. Harrah's Lake Tahoe Casino & Hotel - Mapyro
    Harrah's Lake Tahoe Casino & Hotel in Stateline offers 하남 출장샵 the best view, 안양 출장샵 action, relaxation, entertainment 사천 출장안마 and 안성 출장샵 gaming 양산 출장샵 all season long.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer